Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pertanian mendapat bantuan sebanyak 400.000 bibit lada dari pemerintah provinsi setempat.

Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Subhan di Sungailiat, Senin mengatakan, 400.000 bibit lada bantuan pemerintah provinsi itu akan disalurkan ke petani yang tersebar di wilayah kecamatan dalam bentuk bibit lada polybag

"Bantuan bibit lada polybag itu disalurkan ke petani melalui kelembagaan gabungan kelompok tani (Gapoktan) atau kelompok tani (Poktan) maupun petani dalam wadah Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA)," jelasnya.

"Jumlah bibit lada itu akan disalurkan kepetani disesuaikan dengan usulan masing-masing kelompok sehingga terjadi pemerataan penyaluran bantuan," katanya.

Dikatakan, luas kebun lada di Kabupaten Bangka yang berada hampir diseluruh wilayah kecamatan mencapai 5.000 hektar lebih dengan potensi tanam mencapai hampir 4.000 hektar.

"Saya minta petani yang mendapatkan bantuan bibit lada itu nantinya dapat dipelihara dengan baik termasuk pemupukan sesuai kebutuhan tanaman," ujarnya.

Bantuan bibit lada kepada petani oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai upaya membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan melalui komoditas khas perkebunan daerah Bangka.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019