Koba (Antara Babel)- Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menggelar operasi pasar daging murah untuk menekan harga di pasaran yang terus melonjak selama Ramadhan.

"Kami menggelar operasi pasar daging murah, hanya Rp40.000 per kilogram untuk mengantisipasi harga daging di pasar yang mencapai Rp120.000 per kilogram," kata Kepala Dispernak Bangka Tengah Mahmudin di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, operasi pasar daging murah selama Ramadhan ini bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdanganan, Koperasi dan UMKM untuk menentukan sejumlah titik operasi pasar.

"Kami akan menyediakan stok daging sebanyak 2.100 kilogram untuk dijual dengan harga jauh lebih murah dibanding harga pasar yaitu Rp40.000 per kilogram," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan harga daging mencapai Rp120.000 per kilogram di pasar maka pemerintah melakukan subsidi terhadap daging untuk operasi pasar itu sebesar Rp80.000 per kilogram.

"Ini di antara upaya pemerintah daerah membantu masyarakat yang kesulitan membeli daging dalam Ramadhan dan menjelang Idul Fitri karena pedagang menaikan harga secara drastis dengan memanfaatkan momentum," ujarnya.

Ia menyatakan, penjualan daging murah bersubsidi ini di samping menekan harga daging yang terus melonjak di pasar juga bagian upaya membantu warga kurang mampu.

"Ini juga upaya kami membantu warga kurang mampu yang tidak sanggup membeli daging dengan harga Rp120.000 per kilogram maka kami beri daging paket subsidi dengan harga hanya Rp40.000 per kilogram," ujarnya.

Ia menyatakan, operasi pasar daging ini terus digelar setiap tahun dalam bulan suci Ramadhan karena harga daging dan kebutuhan pokok lainnya tidak terkontrol.

"Bulan Ramadhan harga daging selalu naik, maka operasi pasar daging ini upaya pemerintah daerah membantu masyarakat dan masayarakat juga sangat terbantu dengan upaya yang dilakukan pemerintah daerah," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014