Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memantapkan koordinasi antar kelompok kerja (pokja) di organisasi tersebut guna memaksimalkan kinerja.

Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, Achmad Muksin di Sungailiat, Kamis mengatakan, pemantapan koordinasi antar pokja karena organisasi yang sudah lama dibentuk dianggap kurang maksimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Rapat koordinasi sekarang ini yang melibatkan personel dari sejumlah lembaga seperti dari TNI AL, TNI AD, Kepolisian, Kejaksanaan dan pihak terkait lainnya merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan selama tahun 2019," jelasnya.

Dalam rapat perdana kelompok kerja ini diharapkan dapat merencanakan program kerja selama tahun 2019 sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga dapat meminimalisir kalau terjadi praktik pungutan liar.

Dia mengatakan, dalam memberantas pungli, pihak tim Saber Pungli lebih mengedepankan tindak pencegahan dengan melakukan sosialisasi kepada semua jajaran dan instansi terkait.

"Saya sarankan agar seluruh anggota pokja dalam tim dapat lebih meningkatkan koordinasi termasuk koordinasi di masing-masing pokja, baik langsung maupun melalui layanan grup media sosial," jelasnya.

Sementara Ketua Pokja Pencegahan, Darius mengatakan,, tim Saber Pungli ke depannya akan menindaklanjuti semua laporan yang terkait pungli, baik yang dinformasikan oleh masyarakat atau sumber dari pihak manapun.

"Informasi permasalahan pungli terlebih dahulu akan dilakukan kajian mendalam sebelum sampai pada proses hukum," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019