Pemerintah Kabupaten Belitung Timur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendata rumah-rumah warga yang tidak layak huni di wilayah kerjanya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Belitung Timur Mathur Noviansyah di Manggar, Kamis, mengatakan bahwa total rumah warga yang sudah didata sebanyak 31.674 unit.

Ia memerinci, menurut data sementara dinas ada 13.225 rumah tidak layak huni (RTLH) warga di lahan milik sendiri, 4.540 RTLH di lahan milik orang lain, 13.444 rumah layak huni, dan 465 rumah warga yang datanya belum lengkap.

"Sedangkan total target KK (kepala keluarga) yang akan didata mencapai 40.886 KK," ujarnya.

"Satu KK itu idealnya menempati satu rumah, apakah milik sendiri ataupun rumah sewa. Jadi walaupun ngontrak secara backlog dia sudah dianggap memiliki rumah," ia menambahkan.

Ia menjelaskan bahwa data rumah warga dilengkapi dengan dokumen foto kondisi rumah bagian dalam, luar, dan samping selain titik koordinat rumah untuk memudahkan penyaluran bantuan.

"Dengan adanya data ini kita jadi lebih mudah, karena validitasnya dan akurasinya tinggi. Mengingat ini untuk program bantuan langsung, artinya harus diberikan ke by name and by address," kata Mathur.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019