Kepolisian Resor Bangka, Provisi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar lomba Senam Bedincak mengusung tema "Spektakuler Bangka Setara" piala kapolres dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91.

Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono SH, MH di Sungailiat, Senin mengatakan, lomba Senam Bedincak piala kapolres dengan tema "Spetakuler Bangka Setara" 28 Oktober 2019, bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan pemuda dan pemudi melalui ajang kebudayaan di Kabupaten Bangka sesuai semangat hari Sumpah Pemuda.

"Melalui lomba senam Bedincak yang merupakan hasil karya putra Bangka Belitung, menjadi wadah untuk memperkokoh kebersamaan masyarakat dari anak-anak sampai dewasa," katanya.

Dikatakannya, dilombakan Senam Bedincak karena seni budaya ini merupakan ikon budaya baru yang mulai diminati masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan ke depannya diharapkan dapat diminati pula oleh masyarakat di Indonesia umumnya.

Lomba Senam Bedincak piala kapolres diikuti regu dari perwakilan Sekolah Dasar, menengah pertama dan menengah atas serta peserta dari masyarakat umum.
Peserta lomba Senam Bedincak 2019, piala Kapolres Bangka (babel.antaranews.com/kasmono)

"Masing-masing regu peserta lomba terdiri dari 10 orang dengan diwajibkan mematuhi ketentuan aturan yang ditetapkan panitia dan dinilai oleh seorang panitia untuk penata gerak," katanya.

Kapolres Bangka berkeyakinan melalui lomba seni dapat mengembalikan persatuan dan kesatuan yang sempat terjadi perbedaan saat popularisasi dalam pemilu.

"Melalui lomba seni budaya merupakan salah satu cara untuk mengembalikan persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat," ujarnya.

Dia menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan pemangku kepetingan yang telah mendukung terlaksananya kegiatan lomba Senam Bedincak yang pertama kali ini diselenggarakan.

Bupati Bangka, Mulkan menyambut baik kegiatan lomba Senam Bedincak yang diselenggarakan oleh kepolisian dalam rangka memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal.

"Saya memberikan dukungan penuh kegiatan lomba ini dengan harapan dapat mempersatuan masyarakat terutama generasi muda," katanya.

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah daerah maupun kepolisian memberikan dampak positif bagi generasi muda di daerah untuk melukan kegiatan positif dan bermanfaat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019