Anggota DPD RI dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Zuhri M Syazali mendorong Pemerintah Kabupaten Bangka Barat membangun rumah sakit pratama di Kecamatan Kelapa.

"Kami berharap adanya rumah sakit pratama di Kecamatan Kelapa akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di sekitarnya," kata Zuhri M Syazali di Mentok, Minggu.

Menurut dia, Kabupaten Bangka Barat cukup luas dan butuh lebih banyak unit pelayanan kesehatan yang bisa melakukan tindakan cepat terhadap pasien.

Rumah Sakit Umum Daerah Sejiran Setason letaknya berada di ujung barat Pulau Bangka sehingga cukup jauh jaraknya untuk ditempuh pasien dari kecamatan lain, selain Mentok.

Untuk itu, dibutuhkan rumah sakit penghubung atau rumah sakit pratama untuk memperpendek jarak tempuh warga untuk ke unit pelayanan kesehatan yang memadai.

"Rumah sakit pratama di Kecamatan Kelapa perlu didukung untuk segera direalisasikan karena lokasi itu berada di tengah, cukup dekat dengan warga di Kecamatan Jebus, Parittiga, Tempilang dan Kecamatan Kelapa," katanya.

Menurut dia, lokasi di Kecamatan Kelapa cukup layak guna meningkatkan pelayanan kesehatan, pelayanan gawat darurat, persalinan dan lainnya.

Meskipun nantinya rumah sakit tersebut dibangun, ia berharap keberadaan Puskesmas Kelapa tetap dipertahankan guna memberikan pelayanan kesehatan seperti yang sudah berjalan selama ini.

"Puskesmas nantinya lebih fokus pada pelayanan promotif atau pelayanan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan upaya pencegahan," katanya.

Bupati Bangka Barat periode 2014-2019 tersebut meminta pemkab lebih serius untuk merealisasikan rumah sakit pratama tersebut karena sangat dibutuhkan masyarakat.

"Sudah ada hasil kajiannya dan tinggal direalisasikan," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019