Kepolisian resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggalakkan program Sambang Duka bertujuan untuk lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono SH. MH di Sungailiat, Rabu mengatakan, digalakkannya program Sambang Duka mulai dari tingkat resor sampai sektor sebagai upaya pihak kepolisian dekat dengan masyarakat.

Kapolres menjelaskan, Sambang Duka dilakukan personel polisi berkunjung atau melayat ke rumah duka yang tengah mengalami musibah seperti meninggal dunia. Saat itu pula polisi akan membantu keluarga mengangkat jenazah, bahkan ada yang ikut menyolatkan serta mengiring jenazah sampai ke pemakaman.

"Sambang Duka ini, diprogramkan untuk semua masyarakat dengan berbagai keyakinan seperti yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas desa Air Ruay Bripka Dadang melakukan sambang ke rumah duka saudara Anyun (50),Konghucu, alamat Dusun Air Raya Desa Air Ruay Kecamatan Pemali," jelasnya.

Dengan dekatnya polisi bersama masyarakat, akses komunikasi akan berjalan dengan baik sehingga program-program Polri yang berhubungan langsung dengan masyarakat dapat segera bersama-sama dilakukan.

"Seperti mewujudkan program kamtibmas yang salah satu didalamnya pencegahan paham radikal, disitu peranan masyarakat sangat besar sekali karena menyangkut peran aktif masyarakat umum," jelasnya.

Mewujudkan program kamtibmas, harus dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan, tidak dapat hanya dibebankan kepihak kepolisian saja, harus adanya keterlibatan masyarakat didalamnya.

Kapolsek Pemali Ipda Pulungan A.F mengatakan, sambang duka yang dilakukan personelnya merupakan salah satu program polisi bertujuan agar kehadiran polisi di tengah tengah masyarakat lebih dirasakan, tidak hanya pada saat masyarakat bergembira tetapi saat warga mengalami musibah.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019