Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meluncurkan aplikasi Buku Tamu dan aplikasi kependudukan berbasis Android dalam upaya meningkatkan pelayanan publik.

Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Rabu, mengatakan bahwa kedua aplikasi tersebut ditujukan untuk memudahkan pendataan warga yang datang ke wilayah Kabupaten Bangka.

"Melalui kedua aplikasi tersebut diharapkan akan mendapatkan data akurat mengingat data kependudukan setiap saat dapat berubah," katanya.
 
Ia mengatakan, perkembangan teknologi harus dimanfaatkan untuk mempermudah pendataan dan akses data kependudukan yang selalu berubah.

"Kita dituntut harus mampu memanfaatkan teknologi untuk membantu pekerjaan dan tidak semuanya dilakukan dengan cara manual," katanya.

"Saya memberikan apresiasi kepada OPD terkait yang berusaha maksimal dalam melakukan perbaikan data kependudukan," ia menambahkan.

Ia menjelaskan, data kependudukan sudah masuk dalam data induk pemerintah akan menjadi rujukan dalam berbagai perencanaan pembangunan.

Data kependudukan yang dihimpun dari pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil menjadi data agregat penduduk yang meliputi himpunan data perseorangan berupa data kuantitatif dan data kualitatif.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019