Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pasar murah menyambut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, sebagai upaya menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang hari besar keagamaan tersebut.

"Dalam waktu dekat ini, kita menggelar pasar murah di tiga titik," kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ahmad Damiri di Pangkalpinang, Senin.

Baca juga: Pemprov Babel intensifkan sidak sembako jelang Natal

Ia mengatakan kegiatan pasar murah berupa  beras, minyak goreng, gula pasir, bawang, cabai dan kebutuhan lainnya akan digelar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Bangka Tengah, sehingga masyarakat dapat mendapatkan sembako dengan harga terjangkau.

"Besok (Selasa) kita menggelar rapat koordinasi pemantapan kegiatan pasar murah dan diharapkan dapat menekan kenaikan harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru nanti," ujarnya.

Menurut dia kegiatan pasar murah ini bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bulog dan instansi terkait lainnya.

"Hasil pemantauan di lapangan, saat ini hanya harga daging ayam yang naik menjadi Rp33.000 dari sebelumnya Rp30.000 per kilogram, sementara sembako lainnya masih normal," katanya.

Ia menambahkan Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Babel selama 2019 telah menggelar 25 pasar murah di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur, sebagai langkah mengantisipasi kenaikan harga sembako dan inflasi menjelang hari besar keagamaan, cuaca buruk yang menghambat pemasukan barang, gagal panen dan lainnya.

"Alhamdulillah, pasar murah ini cukup efektif menekan kenaikan harga sembako dan inflasi di daerah kepulauan ini yang masih mengandalkan pasokan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan sembako masyarakatnya," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019