Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung evaluasi distribusi pupuk bersubsidi dengan cara menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder terkait agar pupuk subsidi yang disalurkan tepat sasaran.

"Rapat koordinasi ini dilaksanakan, karena selaku Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) kita memiliki tanggung jawab bersama stakeholdes guna memastikan pendistribusian pupul bersubsidi benar benar tersalurkan kepada petani dan tepat sasaran," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Senin.

Selain itu, rakor ini digelar dengan tujuan mencari solusi bersama stakeholder terkait segala permasalahan yang mengenai pendistribusian pupuk subsidi agar tepat dan sesuai dengan regulasi.

"Melalui pertemuan ini kami berharap kita bisa memecahkan bersama segala permasalahan yang ada, agar sistem pendistribusian pupuk kedepan jadi semakin lebih baik," kata dia.

Ia mengatakan untuk mengatasi permasalahan dan penertiban pendistribusian pupuk bersubsidi pemerintah telah meluncurkan produk berupa Kartu Tani dan saat ini pihaknya sedang gencar melakukan sosialisasi cara pemakaiannya.

"Saat ini kami sedang gencar melaksanakan sosialisasi kartu tani dengan harapan kedepan petani tidak kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi," kata dia.

Perwakilan Bank Mandiri, Ariga Zandi mengatakan sebagai mitra Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian, Bank Mandiri diminta untuk membantu penerapan kartu tani tersebut.

"Kami dipercaya oleh pemerintah untuk membantu menyalurkan kartu tani kepada petani akan mulai dilaksanakan pada tahun depan," kata dia.

Tidak hanya menyalurkan kartu tani, Bank mandiri juga memastikan akan menyediakan fasilitas lainnya guna mendukung penerapan kartu tani.

Selain penyaluran kartu tani, kami juga menyediakan fasilitas lainnya, berupa mesin EDC kepada pengecer dan membantu memonitoring penyaluran pupuk bersubsidi di tingkat petani," kata dia.

Adapun kegiatan rakor distributor pupuk bersubsidi di Bangka Selatan dihadiri Perwakilan Bank Mandiri, Ketua Gabungan Kelompok Tani di Bangka Selatan, dan Pengecer pupuk bersubsidi di Bangka Selatan.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019