Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dishub Babel) menggelar pengecekan kendaraan seluruh angkutan umum, guna memastikan kesiapan dan kelaikan transportasi tersebut selama arus mudik dan balik Perayaan Natal serta Tahun Baru 2020.

"Kegiatan ini sebagai pencegahan dini kecelakaan, karena masalah teknis kendaraan angkutan Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Dishub Provinsi Kepulauan Babel, KA Tajuddin di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengemukakan kegiatan ini terdiri dari pengujian KIR maupun uji emisi bekerja sama dengan Jasa Raharja, kepolisian, pemerintah kabupaten/kota, dilakukan di seluruh terminal, pelabuhan dan bandara agar arus mudik Natal dan Tahun Baru 2020 lancar, aman, tertib dan nyaman.

"Kami cek administrasi, fisik kendaraan dan belum ditemukan angkutan umum yang tidak laik operasional," ujarnya.

Selain itu, Dishub juga melakukan monitoring dan evaluasi pelaporan di terminal, pelabuhan dan bandara terkait kesiapan menghadapi Natal dan Tahub Baru.

"Kita juga melakukan manajemen operasional lalu lintas dan pengendalian kecelakaan lalu lintas, hingga menyiapkan nomor telpon pengaduan yang dapat dihubungi sewaktu-waktu pada tiap lintasan dengan nomor telepon (0717) 437442," jelasnya.

Ia menambahkan untuk titik-titik yang dinilai rawan kemacetan akan dilakukan upaya rekayasa lalu lintas, sehingga bisa membantu mengurai kemacetan dan membantu masyarakat yang bepergian pada libur Natal dan Tahun Baru.

"Kami dapat memastikan tidak ada masalah untuk transportasi menyambut Nataru, termasuk kesiapan pelayanan di bandara, pelabuhan dan terminal," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019