Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mendorong para petani terus membudidayakan durian varietas unggul sebagai tanaman khas lokal.

"Saya minta durian unggul terus dibudidayakan, jangan sampai punah karena  merupakan tanaman khas lokal yang mungkin tidak didapati di daerah lain," ujarnya di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, kontes durian unggul lokal hanya bagian dari cara untuk mempopulerkan aneka jenis buah durian unggul yang dihasilkan para petani di daerah itu.

"Ke depan tidak hanya sebatas kontes, tetapi bagaimana para petani lebih kreatif dan inovatif untuk menjadikan buah durian unggul ini menjadi tanaman yang mampu meningkatkan perekonomian mereka," ujarnya.

Ia mengatakan kontes durian unggul hanya sebatas ajang promosi dan mungkin juga ke depan bisa dijadikan ajang wisata durian.

"Harapan kami bagaimana durian mampu meningkatkan perekonomian masyarakat karena Bangka Tengah termasuk daerah penghasil durian," ujarnya.

Ia mengatakan, Air Mesu dan Belimbing merupakan dua desa penghasil durian yang kualitasnya sudah dikenal masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Potensi ini harus dikembangkan sehingga berkebun durian mendatangkan prospek ekonomi bagi warga daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020