Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menjadi pusat atraksi dan demontrasi kapal dan pesawat tempur dari 54 negara di dunia, pada ajang kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2020 Agustus mendatang.
 
"Pemprov Babel menyambut baik kegiatan ini, karena akan dihadiri 54 negara di dunia. Oleh karena itu, diharapkan nanti OPD Pemprov Bangka Belitung bisa berkoordinasi dengan tim survei MNEK," kata Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah di Pangkalpinang, Rabu. 
 
Ia mengatakan, kegiatan MNEK 2020 akan digelar di kawasan perairan laut dan darat Kabupaten Belitung pada  25  sampai 28 Agustus mendatang. Untuk memantapkan kegiatan tersebut, Tim Survei MNEK 2020 melakukan silaturahim dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung,
 
"Hadirnya Tim survey MNEK bertujuan memaparkan rencana kegiatan dan meminta dukungan Pemprov terhadap kegiatan tersebut. Kami akan melakukan rapat internal untuk mensuport dan membuat rencana kerjanya, sehingga pada waktunya nanti dapat terlaksana," ujarnya.
 
Abdul Fatah meminta langsung OPD  tang turut hadir pada pertemuan dengan tim Survei Multilateral Naval Exercise Komodo 2020, dapat membantu pelaksanaan kegiatan tersebut dengan saling berkoordinasi agar berjalan dengan baik dan menyukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut.
 
"Kegiatan ini banyak sekali rangkaiannya, termasuk bakti sosial. Pemerintah daerah akan menampilkan produk lokal Bangka Belitung. Banyak atraksi-atraksi angkatan laut dan kerjasama di bidang kelautan dunia yang menarik buat wisatawan," ujarnya.
 
Fatah berharap, kegiatan ini dapat memacu perkembangan dan pertumbuhan pariwisata di Bangka Belitung. Oleh sebab itu, Pemprov akan secara intensif melakukan komunikasi dengan pihak-pihak penyelegara kegiatan MNEK tersebut.
 
Ketua Rombongan Danguspurla (Komandan Gugus Tempur Laut) Dansatgas Multilateral Naval Exercise Komodo 2020, Bambang T menjelaskan, kunjungan timnya ke Pemprov Bangka Belitung, dalam rangka tindaklajut terkait dengan rencana pelaksanaan Multilateral Naval Exercise Komodo ke-4 di tahun 2020. 
 
Pelaksanaan kegiatan MNEK Agustus 2020 dipusatkan di Jakarta dan rangkaian kegiatan yang menampilkan pesawat dan kapal dari berbagai negara di dunia ini dipusatkan di Babel, khususnya di Kabupaten Belitung pada tanggal 25 Agustus sampai 28 Agustus 2020.
 
"Kegiatan ini, kerjasama antar angkatan laut yang ada di dunia, yaitu kegiatan penanganan kejadian yang membutuhkan kerjasama misalnya bencana alam seperti tsunami," ujarnya.

Baca juga: Kapal perang - pesawat tempur dari 54 negara mendarat di Belitung
 
Kegiatan MNEK direncanakan akan diikuti oleh 54 negara, salah satunya negara Australia yang akan mengirimkan kapal dan helikopternya. Pelaksanaan kegiatan ini dua tahun sekali.
 
Sebelumnya pada tanggal 20 Agustus sudah datang pesertanya, 22 hingga 23 Agustus dipusatkan di Jakarta acaranya. Tanggal 28 direncanakan sudah keluar dari wilayah Belitung," ujarnya.
 
Bambang berharap kegiatan tersebut dapat menggandeng kegiatan pemerintah daerah setempat, sebab para petinggi dan sitrinya direncanakan akan hadir. 
 
"Oleh karena itu, kita minta pemerintah daerah nantinya bisa mempromosikan kawasan wisata mana saja yang bisa dikunjungi oleh peserta 54 Negara itu," ujarnya 
 
Pihaknya berharap kegiatan Belitung Exercise, di Belitung  akan menggandeng kegiatan Belitung expo. Kehadiran 80 persen peserta nanti mengunjungi kawasan wisata di Bangka Belitung.
 
"Kita akan memperkenalkan Bangka Belitung ke negara luar. Kami berharap juga dalam melaksanakan survei ini, untuk meminta masukan dan dukungan Pemprov terkait Kegiatan ini," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020