Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan menilai perayaan harmoni ceria Imlek 2571 yang dimeriahkan sebagian besar masyarakat Tionghoa menjadi momentum pemersatu masyarakat di daerah.

Di Sungailiat, Sabtu dikatakan, momentum pemersatu dalam perayaan imlek karena masyarakat dari berbagai suku di Kabupaten Bangka sebagian turut memeriahkan.

"Masyarakat dari suku lain ikut merasakan suka cita memeriahkan perayaan imlek mulai dari malam menyambut perayaan itu sampai berkunjung ke rumah warga yang merayakan," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka, melalui misi dan visi Bangka Setara, mendorong kegiatan masyarakat baik yang terkait masalah tradisi, budaya maupun perayaan lainnya yang dapat memberikan nilai positif bagi masyarakat.

Bupati mengatakan,cukup berbangga dimana masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung umumnya dan di Kabupaten Bangka khususnya menjunjung tinggi sikap toleransi.

"Persatuan dan kesatuan masyarakat menjadi modal awal mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Bupati Bangka, Mulkan foto bersama dengan Anggota DPR RI, Bambang Pati Jaya dan forkopimda Bangka (babel.antaranews.com/kasmono)

Bupati berharap, kedepannya perayaan ceria  ceria imlek dapat diselenggarakan lebih meriah lagi sehingga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara.

"Tidak ada perbedaan rasa suku dan hingga saat ini persatuan kesatuan tetap terjaga di Kabupaten Bangka di setiap perayaan agama, seperti lebaran, tahun baru nasrani, imlek," katanya. 

Menurut bupati, harmoni ceria imlek merupakan keselarasan dimana sikap kita menjaga keharmonisan, dimana tidak ada perbedaan suku, ras yang datang malam ini. 
 
Bupati Bangka, Mulkan memberikan angpao barongsai (babel.antaranews.com/kasmono)

Pada kesempatan itu, Bupati Bangka memberikan 100 angpau kepada 100 anak anak dan lansia yang malam itu hadir dalam Harmoni imlek II tahun 2020, 

Ketua DPRD dan Kapolres Bangka turut membagikan angpau ke masyarakat yang memadati area kegiatan harmoni ceria imlek II.

Perayaan harmoni ceria  imlek di Kabupaten Bangka pada Jumat (24/1) malam dipusatkan disejumlah kelenteng seperti di Jalan Laut, di Pasar Sungailiat dan kelenteng lainnya yang tersebar di delapan kecamatan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020