Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membagikan sebanyak 80 kartu asuransi kepada para nelayan di Kecamatan Sungaiselan.

"Kartu asuransi bagi nelayan ini merupakan program nasional dan pemerintah daerah berkomitmen melanjutkan program pemberdayaan masyarakat pesisir tersebut," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan sebanyak 80 kartu asuransi nelayan yang dibagikan kepada nelayan di Kecamatan Sungaiselan tersebut terdiri 14 kartu merupakan bantuan APBN dan 66 kartu asuransi bersumber dari APBD.

"Ke depan kami menargetkan sebanyak 700 kartu asuransi nelayan diterbitkan dengan sumber dana dari APBD Bangka Tengah," ujarnya.



Ia mengatakan kartu asuransi nelayan ini merupakan upaya pemerintah dalam memberdayakan masyarakat pesisir.

"Dengan kartu asuransi, para nelayan bisa lebih tenang dalam melaut sehingga bisa menghasilkan tangkapan yang banyak," ujarnya.



Ia mengatakan pemerintah daerah memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui berbagai program bantuan.

"Para nelayan sudah banyak mendapatkan bantuan fasilitas pendukung, baik secara personal maupun mereka yang tergabung dalam kelompok," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020