Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah Pangkalpinang,  dr. Muhammad Fauzan mengimbau kepada masyarakat di kota itu agar tidak panik menanggapi beredarnya kabar terkait virus Corona di Provinsi Bangka Belitung.

"Kepada masyarakat kami imbau agar tidak khawatir. Warga tidak perlu panik mendengar ada pasien curiga Corona di rumah sakit, karena belum tentu itu benar terinfeksi virus Corona," katanya. 

Dikatakannya bahwa pasien yang diduga suspect Corona yang saat ini berada di dua Rumah Sakit di Bangka Belitung sudah ditangani oleh dokter secara profesional dan tidak ada yang positif Corona.

Baca juga: Dinkes Babel identifikasi keluarga pasien suspect corona

Baca juga: Dinkes Babel imbau masyarakat jangan panik, adanya pasien terindikasi corona

Menurutnya masyarakat harus bisa tenang dan mempercayakan penanganan pasien yang diduga suspect Corona kepada dokter. 

"Percayakan pada penanganan dokter karena sudah ada standarnya operasional prosedur dari tiap rumah sakit. Lagi pula penanganannya seperti merawat pasien pneumonia atau infeksi paru-paru yang banyak di tiap rumah sakit,"  ujarnya. 

Baca juga: Soal turis China dan Corona, Luhut: Cuma dua juta kok ribut

Baca juga: Dinas Kesehatan Bangka awasi pasien diduga terindikasi COVID-19

Selain itu, M. Fauzan menyarankan kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan di antaranya dengan tidur yang cukup, makan teratur yang bergizi ditambah sayur dan buah,  serta melengkapi kebutuhan suplemen seperti multivitamin.

"Masyarakat tetap harus menjaga kesehatannya dengan cara pola hidup bersih. Jaga kebersihan dengan mandi, rajin cuci tangan setelah kontak. Untuk sekarang gunakan masker di spot publik," katanya. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Suriyanto juga mengimbau kepada masyarakat Pangkalpinang tidak perlu resah dengan isu-isu virus corona di Bangka Belitung. 

Menurutnya sampai saat ini Pangkalpinang dalam kondisi yang kondusif dan aman.

"Insya Allah Pangkalpinang bebas dari Corona. Kami minta masyarakat jangan resah," ujarnya. 

Dia menekankan kepada masyarakat agar bersikap tenang menghadapi isu-isu tersebut. 

"Kalaupun ada gejala flu atau deman silahkan periksa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Jika khawatir silahkan gunakan masker. Pada intinya kita sudah siapkan antisipasinya," ujarnya. 

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020