Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengucurkan penyertaan modal ke perusahaan umum daerah (Perumda) Argo Lestari Mandiri senilai Rp90 miliar lebih.

"Penyertaan modal senilai Rp90 miliar lebih tersebut berupa lahan kosong di Lingkungan Rambak Sungailiat ," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat,
Rabu.

Dia mengatakan, munculnya nilai sebesar itu atas lahan aset pemerintah daerah seluas 50 hektar sebagai penyertaan modal, setelah sebelumnya dilakukan penilaian langsung di lapangan oleh tim advance.

"Saya minta pihak direksi perumda Argo Lestari Mandiri dapat mengembangkan usahanya melakukan pengelolaan lahan tersebut," kata bupati.

Pihak manajemen perusahaan hendaknya pula mampu membaca peluang usaha yang ada di daerah, seperti pengembangan usaha di sektor perikanan, perkebunan atau pengembangan kemitraan dengan seluruh BUMDes.

"Pemerintah daerah membentuk perusahaan tersebut dengan harapan kedepannya mampu memberikan konstribusi pada peningkatan pendapatan daerah," ujarnya.

Bupati mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi hasil kinerja manajemen Perumda Argo Lestari Mandiri secara berkala atau enam bulan sekali.

"Kita bersama-sama harus memberikan dukungan dan kepercayaan kepada direksi dan jajaran untuk mengembangkan usahanya secara mandiri yang berkelanjutan," jelas bupati.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020