Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan bagi aparatur sipil negara guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Kami berharap seluruh OPD mematuhi instruksi Gubernur Kepulauan Babel untuk menyediakan tempat cuci tangan dan sarana mencegah virus corona ini," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel Naziarto di Pangkalpinang, Senin.

Selain menyediakan tempat cuci tangan, OPD juga diminta menyediakan alat pengukur suhu tubuh, sabun dan hand sanitizer serta alat-alat kesehatan lainnya, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Nomor 440/1037/VIII tentang Upaya Antisipasi dan Pencegahan Virus Convid-19 di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel.

"Dalam waktu dekat ini, kita akan berkunjung ke masing-masing OPD untuk mengecek apakah tempat cuci tangan dan alat-alat kesehatan ini sudah sediakan apa belum," ujarnya.

Menurut dia surat edaran ini sebagai antisipasi dini sehubungan dengan semakin meningkatnya kewaspadaan global terhadap meluasnya penyebaran virus COVID-19 di lingkungan Pemprov Babel.

"Pemerintah provinsi berkewajiban untuk mengatur dan memberikan perlindungan kepada seluruh ASN dan pekerja harian lepas agar mereka terhindar dan tidak tertular virus ini," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel, Mulyono Susanto sangat mendukung instruksi gubernur terkait seluruh OPD menyediakan tempat cuci tangan dan sarana kesehatan lainnya untuk mencegah penularan virus.

"Dengan membiasakan mencuci tanggan menggunakan sabun tidak hanya mencegah virus corona, tetapi juga berbagai penyakit berbasis lingkungan seperti ISPA, sakit perut, diare, cacingan dan lainnya cukup tinggi, karena kesadaran mencuci tangan masyarakat sebelum mengkonsumsi makanan masih kurang," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong budaya mencuci tangan ke sekolah, satuan perangkat kerja daerah, PKK, puskesmas, posyandu dan tokoh agama serta masyarakat untuk membiasakan mencuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan dan aktivitas lainnya.

"Hasil penelitian menunjukkan 80 persen penyakit dapat dihindari dengan membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun di tempat air mengalir," ujarnya. 
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020