Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih seluruh petugas puskesmas dalam melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 secara dini, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan kesehatan secara promotif dan preventif di masyarakat.

"Kami berharap petugas puskesmas ini mampu memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, terutama mencegah penyebaran virus corona ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulyono Susanto saat membuka kegiatan Pelatihan Keluarga Sehat Tahun 2020 di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia pelatihan kepada 30 petugas puskesmas se-Provinsi Kepulauan Babel selama empat hari ini, guna mewujudkan petugas kesehatan yang andal. Mereka dituntut tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, tetapi juga ke luar gedung.

Baca juga: Dinas Kesehatan Bangka Tengah perkuat pelayanan di RSUD

"Walaupun bekerja sama dengan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dibina puskesmas, petugas tetap harus melakukan kunjungan langsung ke keluarga di wilayah kerjanya," ujarnya.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan upaya kesehatan, integrasi dilakukan oleh petugas pembina keluarga. Siapa petugas pembina keluarga? Seluruh tenaga kesehatan di puskesmas. Petugas pembina keluarga harus dibekali ilmu yang cukup terkait dengan program yang ada di puskesmas.

Dari kunjungan rumah sebagai konsep pendekatan keluarga, kita berharap dapat mengumpulkan data profil kesehatan keluarga dan updating pangkalan datanya.

"Saat kunjungan ini, merupakan momen penting petugas untuk melakukan upaya promosi dan preventif. Petugas dapat mengedukasi masyarakat mengenai program kesehatan dalam pencegahan Covid-19 kepada masyarakat," katanya.

Kepala Sumber Daya Manusia Kesehatan Ratu Zaenab Amin mengatakan 30 peserta pelatihan ini berasal dari puskesmas di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kecuali Kota Pangkalpinang.

"Langkah awal setelah pelatihan, dilakukan pendataan seluruh keluarga dalam wilayah kerja puskesmas. Hasil kegiatan ini akan menjadi dasar pembuatan data base keluarga sehat dan penghitungan indeks keluarga sehat," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020