Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan empat ruangan isolasi di RSUD setempat, untuk menangani pasien COVID-19 yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

"Empat ruangan isolasi itu kami siapkan untuk mengantisipasi jika ruangan yang ada sekarang penuh," kata Direktur RSUD Belitung Timur, Cahyo Purnomo di Manggar, Selasa.

Ia menjelaskan, ruangan disiapkan khusus untuk penanganan PDP COVID 19. Ruangan akan digunakan sekiranya ruangan isolasi di RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung penuh.

Baca juga: RSUD Belitung Timur proteksi jam besuk pasien

Ia mengatakan, RSUD Belitung Timur bukan merupakan rumah sakit rujukan untuk penanganan PDP. Namun penyiapan ruangan diperlukan untuk antisipasi kemungkinan terburuk.

"Ruangan ini hanya untuk antisipasi awal, kita berharap tidak perlu digunakan. Namun jika diperlukan dan diperintahkan Dinas Kesehatan, kita sudah siap,” ujar Cahyo.

Ia mengatakan, RSUD Belitung Timur masih terkendala terbatasnya alat pelindung diri (APD), masker, ataupun gown disposable.

"Kami mengharapkan alat penunjang keamanan bagi tenaga medis tersebut akan segera teratasi. Kalau sekarang sih masih mencukupi, ini untuk jaga-jaga ke depannya," ujarnya.

RSUD juga rutin memberikan suplemen vitamin agar ketahanan tubuh kepada tenaga medis karena mereka berisiko tinggi tertular virus maupun bakteri.

"Ini kami lakukan agar pegawai rumah sakit lebih aman dalam menjalankan tugas, nanti pegawai kita berikan suplmen atau vitamin," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020