Perusahaan umum daerah (Perumda) Air Minum Tirta Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatatkan sejarah selama 28 tahun perusahaan berdiri dengan keberhasilan meraih  kategori TOP 200 BUMD se Indonesia.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Bangka, Suhendra kepada ANTARA di Sungailiat, Kamis mengatakan, kerja keras dengan penuh optimis berhasil dibuktikan dengan keberhasilan mencatatkan dalam sejarah Perumda Air Minum Tirta Bangka yang sebelumnya PDAM meraih kategori TOP 200 BUMD se Indonesia.

"Keberhasilan masuk dalam kategori TOP 200 BUMD se Indonesia, merupakan bukti nyata dari hasil kerja keras dan semangat dalam memberikan pelayanan  termasuk manajerial menata perusahaan karena harus bersaing dengan 1.149 BUMD seluruh Indonesia," jelasnya.

Dikatakan, pihaknya telah menyiapkan data dan dokumen penting lainnya yang dibutuhkan untuk disampaikan dalam presentasi di Jakarta untuk seleksi tahap pertama dan kedua.
 
Direktur Perumda Air Minum Tirta Bangka, Suhendra saat mendampingi bupati Bangka Mulkan tinjau lokasi pencucian tangan di kawasan "Hutan Kota" Sungailiat (babel.antaranews.com/kasmono)

"Presentasi dijadwalkan diundur dengan batas waktu yang belum ditentukan karena kondisi wabah COVID 19," jelasnya.

Dia berharap, dukungan dan doa dari seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka agar Perumda Air Minum Tirta Bangka mampu meraih TOP 200 BUMD se Indonesia.

Beberapa kategori untuk masuk kategori yang ditetapkan oleh panitia untuk mendapatkan TOP 200 BUMD se Indonesia mulai dari manajemen keuangan yang mendukung upaya menumbuhkan nilai perusahaan dalam jangka panjang.

Kemudian, perusahaan yang mencapai kinerja keuangan yang terbaik serta perusahaan yang mempunyai peningkatan kinerja keuangan terbaik. Sedangkan aspek pertumbuhan berkelanjutannya (relevansi dengan tema), ditekan pada penilaian apakah BUMD mampu mengurangi subsidi dan mengefisienkan OPEX, serta bagaimana komitmen manajemen dalam melakukan investasi jangka panjang.
 
Inovasi pelayanan cuci tangan di fasilitas umum oleh Perumda Air Minum Tirta Bangka (babel.antaranews.com/kasmono)

Selain masuk dalam kategori TOP 200 BUMD se Indonesia, kata dia, perusahaannya berhasil mendapat nilai Sehat, Nilai Baik dan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

"Saya berharap dukungan dan doa dari seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka agar kategori TOP 200 BUMD dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020