Satgas Percepatan Pencegahan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengerahkan 100 orang relawan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan publik, guna mencegah penyebaran virus corona di daerah itu.

"Saat ini sudah hampir 80 persen kawasan publik sudah disemprot disinfektan oleh relawan," kata Ketua Satgas Percepatan Pencegahan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel,Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan 100 orang relawan merupakan gabungan personil dari berbagai organisasi dan instansi, seperti PMI, Tagana, Pramuka Peduli, Kompak, RAPI, IOF, KKP, Dinas Kesehatan, MTMC, TNI dan Polri melakukan penyemprotan disinfektan di perkantoran pelayanan publik, rumah sekolah, ibadah, fasilitas umum dan lainnya.

"Alhamdulillah, keberadaan tim relawan ini yang bekerja siang malam sangat membantu pemerintah provinsi dalam mencegah penyebaran virus corona di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia tugas relawan ini tidak hanya untuk melakukan penyemprotan saja, namun juga melakukan pendataan orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP), mensosialisasikan kemasyarakatan berkaitan dengan standart operasional prosedur (SOP) kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Petugas juga menyosialisasikan anjuran sosial distancing dan lain sebagainya, terkait upaya pencegahan Covid-19 ini," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk dapat mengikuti arahan dan sosialisasi sudah diumumkan pemerintah, sebab hal ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi harus ada dukungan dari masyarakat.

"Apalagi relawan ini sudah bekerja mengeluarkan tenaga dan pikiran demi masyarakat, jadi tolong dihargai dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk memudahkan tugas relawan," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020