Sungailiat (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah, mengajak seluruh masyarakat di daerah itu untuk mulai mencintai produk dalam negeri.


"Saya ajak seluruh masyarakat untuk memulai mencintai produk buatan dalam negeri, karena di samping kualitas yang cukup bagus agar produk dalam negeri dapat memasyarakat dalam menghadapi pasar bebas ASEAN," katanya di Sungailiat, Senin.


Menurut dia, sebagai warga negara yang cinta Tanah Air, akan lebih arif juga cinta dengan buatan asli Indonesia.


"Produk dalam negeri baik yang dihasilkan dari usaha menengah maupun pabrik skala besar sudah mampu bersaing dengan produk impor dari sejumlah negara," ujarnya.


Dia mengatakan sejumlah produk dalam negeri mampu menembus pasar global, seperti garmen dan sepatu.


"Kita tidak perlu malu memakai semua produk Indonesia, bahkan suatu kebanggaan tersendiri sebagai wujud cinta Tanah Air," ujarnya.


Secara bertahap, kata dia,  memakai produk dalam negeri akan mengurangi ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap produk asing atau impor


"Saya juga sarankan agar para pelaku usaha UMKM untuk berani mempromosikan produk olahannya ke daerah lain supaya dapat dikenal dan dikonsumsi masyarakat luar," katanya.


Dia mengatakan produk lokal Kabupaten Bangka untuk jenis olahan rumah tangga, seperti berbagai jenis makanan nikmat rasanya.


"Tetapi rasa enak atas semua jenis makanan olahan tersebut, harus dipasarkan ke luar pulau Bangka supaya masyarakat lain di Indonesia dapat mengenalnya dan menikmatinya," katanya.

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014