Sungailiat (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah minta seluruh masyarakat di daerahnya untuk melestarikan seni tradisional daerah yang kini sudah mulai kurang diminati masyarakat.    


"Saya minta masyarakat untuk kembali melestarikan seni tradisional daerah yang sudah mulai kurang diminati akibat perkembangan modernisasi zaman," katanya di Sungailiat, Jumat.    


Mempertahankan atau melestarikan seni tradisional daerah kata dia, merupakan bagian dari cinta tanah air, negara-negara asing kagum dengan bangsa Indonesia karena di samping memiliki kekayaan alam yang melimpah juga karena memiliki kekayaan seni dan budaya.


"Kekayaan yang kita miliki harus dipertahankan, jangan sampai punah akibat kita sendiri yang kurang peduli untuk melestarikan," kata wabup.


Menurut dia, seni tradisional yang dimiliki oleh seluruh suku di bangsa adalah suatu kebanggaan tersendiri sebagai warga negara Indonesia, keanekaragaman seni tradisional dapat sebagai media memperarat tali komunikasi antar suku.


"Saya tidak melarang masyarakat memilik seni modern namun diharapkan jangan meninggalkan seni tradisional kita," katanya.


Dia mengatakan, untuk di Kabupaten Bangka sendiri memilik bermacam jenis seni tradisional lokal yang cukup baik dan dapat menunjang sektor pariwisata yang tengah digalakan sebagai sektor produktif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.


"Saya khawatir kalau seni tradisional dilestarikan lama kelamaan akan hilang tergeser dengan seni modern yang terus berkembang maju," katanya.

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014