Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) kepada 8.179 kepala keluarga (KK).

"Penerima bansos merupakan keluarga yang ekonominya terdampak oleh pandemi COVID-19," kata Bupati Bangka Selatan Justiar Noer di Toboali, Jumat.

Ia menjelaskan, dana bantuan sosial atau bansos tersebut bersumber dari Kementerian Sosial RI dan Pemkab Bangka Selatan.

"Mereka yang mendapatkan dana bantuan sosial itu adalah mereka yang terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)," ujarnya.

Ia menjelaskan, sistem penyaluran sama seperti penyaluran dana bantuan langsung tunai (BLT) namun sumber dananya berbeda.

"Kalau BLT itu diambil dari pos Dana Desa setelah disepakati terjadi pergeseran anggaran untuk penanganan COVID-19," ujarnya.

Justiar Noer meminta jangan sampai terjadi tumpang tindih penggunaan anggaran untuk memulihkan perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat.

"Makanya penyaluran dana wajib dikawal, termasuk penyaluran sejumlah paket sembilan bahan pokok baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020