Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan peralatan kesenian bagi 21 sanggar sebagai upaya memberikan motivasi para pelaku seni untuk terus berkarya di bidangnya.

"Kami harapkan peralatan yang kami salurkan mampu mendorong pelaku seni dan budaya terus berkreasi sehingga kesenian dan budaya lokal tetap terjaga," ujar Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Sukandi di Muntok, Kamis.

Ia menjelaskan sebanyak 21 sanggar seni yang mendapatkan bantuan tersebut berasal dari seluruh enam kecamatan di daerah itu dengan jumlah dan bentuk bantuan berbeda, sesuai permintaan yang diajukan pengurus sanggar masing-masing.

Ia menerangkan, sebanyak 21 sanggar seni tersebut berasal dari Kecamatan Muntok dari Desa Airlimau, Tanjung dan Sungaidaeng, Kecamatan Tempilang terdiri dari Desa Airlintang, Buyan Kelumbi dan Benteng Kota, Kecamatan Kelapa dari Desa Mancung, Terentang dan Tugang.

"Dari Kecamatan Parittiga bantuan disalurkan ke Desa Cupat, Kapit, Airgantang dan Sekarbiru, Kecamatan Jebus disalurkan ke Desa Sungaibuluh, Sinar Manik dan Ranggi Asam, sementara sanggar seni dari Kecamatan Simpang Teritip yang mendapat bantuan berasal dari Desa Simpanggong, Kundi, Pelangas dan Simpangtiga," kata dia.

Ia menambahkan, bantuan peralatan seni untuk kelompok kesenian tersebut yang disalurkan berupa empat set alat musik dambus, tiga set gendang rebana, tiga set gendang melayu, empat set seragam seni rebana,
   
"Kami juga salurkan satu set seragam seni rudat, tiga set gendang dobel, dua unit genset, tiga unit amplifier, dan enam unit speaker, dan satu unit alat musik accordion," kata dia.

Menurutnya, bantuan alat kesenian yang disalurkan tersebut dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten 2014 dan akan terus dilakukan pada tahun berikutnya.

"Tahun depan kami juga akan menyalurkan bantuan sejenis untuk terus membangkitkan seni, adat dan budaya yang ada di seluruh pelosok agar semakin berkembang dan bisa mendukung pariwisata daerah," kata dia.

Seluruh bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Hubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat Rozali di kantor instansi tersebut pada Kamis yang dihadiri seluruh perwakilan sanggar penerima.

Pada kesempatan itu, Rozali menyampaikan agar para penerima bantuan terus menggiatkan kesenian dan budaya yang ada di desa masing-masing sehingga bisa menambah khasanah seni dan budaya yang ada di daerah itu.

"Daerah ini sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya di Babel, kami harapkan sanggar seni dan para pelaku seni mendukung upaya itu sehingga jumlah kunjungan wisata semakin meningkat," kata dia.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014