Persediaan bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinilai masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu menyambut Lebaran Idul Fitri 1441 Hjiriah.

"Stok sejauh ini cukup dan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, berdasarkan rekapitulasi daftar stok kebutuhan pokok pada tingkat distributor di daerah itu menyatakan bahwa stok untuk komoditas beras mencapai 1.388 ton, gula pasir 59 ton, garam 15 ton, dan tepung terigu sekitar 99 ton.

Sedangkan stok komoditi minyak goreng, kata dia, jumlahnya sebanyak 58,3 ton, tepung sagu 21 ton, kacang kedelai 50 ton, kacang tanah 12,3 ton dan kacang hijau 4,5 ton.

"Harga -bahan pokok di pasar juga cenderung stabil dan terjangkau bagi masyarakat," ujarnya.

Disampaikan dia, pihaknya juga terus memantau harga daging sapi di daerah itu jelang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah agar tidak terjadi kenaikan dan lonjakan harga.

"Harga daging sapi saat ini dijual Rp135 ribu per kilogram naik dari sebelumnya Rp130 ribu per kilogram" katanya.

Ia mengimbau masyarakat di daerah itu agar dapat berbelanja dengan bijak menyambut Lebaran Idul Fitri 1440 Hjiriah nanti.

"Kami mengharapkan masyarakat berbelanja dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020