Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memberi subsidi biaya tes cepat virus corona baru (COVID-19) bagi mahasiswa dari daerah setempat yang akan kembali ke tempat perkuliahan.

"Nanti akan kami subsidi mungkin mencapai 100 persen atau gratis untuk biayanya mereka hanya perlu melengkapi persyaratan saja," kata Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Jumat (12/6).

Dia menjelaskan persyaratan bagi calon mahasiswa baru dengan melampirkan surat keterangan dari desa dan persetujuan dari orang tua untuk dilakukan tes cepat sebagai persyaratan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Bagi mahasiswa lama yang ingin kembali ke tempat perkuliahan dan melanjutkan kuliahnya, katanya, diminta melampirkan kartu mahasiswa dari kampus mereka.

"Memang saat ini banyak mahasiswa di daerah kami yang ingin kembali ke tempat kuliah tetapi terkendala tingginya biaya 'rapid test' (tes cepat)," ujarnya.

Bupati Sahani Saleh menambahkan saat ini pihaknya mempersiapkan ketersediaan alat tes cepat tersebut yang nantinya digunakan di luar dari ketersediaan di RSUD setempat.

"Karena ini subsidi mau tidak mau kita akan datangkan alat 'rapid test' tersebut dari luar daerah," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020