Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengajak masyarakat di daerahnya memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman produktif guna membantu pemenuhan pangan keluarga.

"Saya mendorong masyarakat dapat memanfaatan pekarangan rumah untuk berbagai jenis tanaman produktif seperti sayur mayur dan jenis tanaman bermanfaat lainnya karena dapat membantu pemenuhan pangan keluarga," katanya di Sungailiat, Selasa.

Menanam tanaman sayur mayur dengan memanfaatkan pekarangan rumah kata bupati, sudah dilakukannya di pekarangan rumah dinas seperti tanaman cabai, terong serta sayuran lainnya meskipun dengan jumlah yang terbatas.

"Saya tanamani beragam jenis tanaman di pekarangan rumah dinas bupati, meskipun hasil produksinya hanya cukup untuk kebutuhan rumah tangga dan sejumlah pegawai," katanya.

Dikatakan, pemberdayaan pekarangan rumah tidak dibatasi dengan luas areal karena pola tanam dapat dilakukan dengan berbagai media tanam seperti, pola hidroponik ataupun menggunakan barang bekas sebagai pot tanam atau polybag.

 
Bupati Bangka, Mulkan bersama istri memanen cabai di pekarangan rumah dinas (babel.antaranews.com/kasmono)

"Kegiatan menanam tanaman produktif di pekarangan rumah yang saya lakukan diharapkan dapat menjadi edukasi bagi masyarakat tanpa ada alasan keterbatasan areal," jelasnya.

Bupati mengatakan, pemberdayaan pekarangan secara intensif merupakan bagian progam rumah pangan lestari yang mampu memenuhi kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.

"Tanaman pangan di lingkungan rumah selain diharapkan membantu kesejahteraan keluarga juga menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat secara mandiri," katanya.

Hal penting lainnya menurut bupati, kemampuan kemandirian keluarga atau masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020