Jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah dua orang dan hingga sekarang tercatat sebanyak tujuh warga yang terserang virus corona baru itu.

"Bertambah dua kasus baru warga terkonfirmasi positif COVID-19, hingga sekarang total warga yang positif tercatat sebanyak tujuh orang," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Tengah dr Bahrun R. Siregar di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan secara keseluruhan tercatat 16 kasus COVID-19 dengan rincian sebanyak sembilan orang dinyatakan sembuh dan tujuh pasien masih dalam perawatan.

"Dua warga yang positif tersebut berinisial Ja (27), laki-laki warga Kelurahan Berok, Kecamatan Koba dan Ey (23), jenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru," jelasnya.


Ia menjelaskan kedua warga ini dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap PCR yang dilakukan pada 13 Juli 2020 dan sekarang sudah dikarantina di BKPSDMD Provinsi Bangka Belitung.


"Kondisi kedua pasien positif COVID-19 itu dalam keadaan normal tanpa gejala. Penyebaran terhadap kedua pasien ini merupakan kategori transmisi lokal," ujarnya.

Ia mengatakan, saat tim gugus tugas sudah melakukan penelusuran terhadap siapa saja yang terkontak langsung dengan dua warga positif terpapar virus corona baru itu.

"Namun yang pasti pihak keluarga kedua warga positif corona itu segera dilakukan 'rapid test' (tes cepat), jika reaktif maka segera dikarantina," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020