Pangkalpinang, (ANTARA Babel) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meresmikan Gedung Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera "Pelangi Kencana".

Gedung baru itu untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat setempat, kata Kepala BKKBN Babel, Kadir Ruslan Sitepu, di Pangkalpinang, Selasa.  

"Gedung Pelangi Kencana meberikan berbagai macam fasilitas untuk masyarakat diantaranya memberikan layanan informasi dan konseling pranikah, konseling keluarga remaja dan remaja, konseling keluarga lansia dan lansia, konseling kelurga berencana dan kesehatan produksi, maupun pembinaan usaha ekonomi keluarga," katanya.

Peresmian gedung tersebut juga dihadiri oleh Kolonel INF. Didid Pramudyo Dandrem 045 Garuda Jaya dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Babel.  

Kadir berharap, gedung tersebut bisa memberikan berbagai pelayanan keluarga berencana dan masyarakat Babel, seperti konseling dan konsultasi dan pemeriksaan KB secara rutin.

Secara umum konsep Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera memberikan pelayanan secara menyeluruh untuk menciptakan ketahanan keluarga.

"Keluarga harus disiapkan sejak sebelum menikah hingga usia lanjut, oleh sebab itu, pusat pelayanan keluarga sejahtera merupakan tempat untuk melakukan intervensi atau rekayasa sosial terhadap pembangunan keluarga secara utuh," ujarnya.

Menurut dia, rekayasa sosial adalah wadah saling intervensi antarkeluarga untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik ke depannya.

Sementara itu, keberadaan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Pelangi Kencana sangat penting sebagai pencitraan agar BKKBN tidak hanya terkesan mengurusi KB atau diidentikkan dengan kontrasepsi, tetapi lebih luas yaitu untuk meningkatkan kualitas keluarga sejahtera sehingga diharapkan semua kabupaten dan kota bisa membangunnya. 

Pewarta: wira suryantala

Editor : Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2012