Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengajak masyarakat di daerah itu untuk secara bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan, terutama untuk mencegah terjadinya bencana alam.

"Saya mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dari kerusakan baik berupa banjir saat musim penghujan atau ancaman kerusakan ancaman kebakaran pada musim kemarau," katanya di Sungailiat, Senin, menanggapi tersumbatnya aliran air di Dusun II, Desa Merawang, Kecamatan Merawang, yang mengakibatkan meluapanya air di daerah itu saat turun hujan dengan intensitas lebat.

Dia mengatakan peran aktif masyarakat diperlukan guna menjaga lingkungan agar tetap lestari.

"Memasuki musim kemarau, masyarakat harus benar- benar memperhatikan kawasan rawan kebakaran, hindari pembakaran semak belukar yang dapat mengakibatkan kebakaran," katanya.

Bagi penduduk yang berada dekat aliran sungai, kata dia, harus menghindari terjadinya penumpukan sampah, termasuk harus menyingkirkan rumput yang dapat menghambat saluran air.

Wabup Syahbudin mendorong masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkungan masing-masing, baik tingkat RT maupun RW.

"Dengan semangat gotong royong dapat meringankan dalam mengerjakan pekerjaan yang ada di lingkungan itu," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020