Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat merealisasikan penyerahan bantuan sebanyak tujuh unit "Global Positioning System" (GPS) atau alat bantu untuk memudahkan mencari lokasi keberadaan ikan kepada kelompok nelayan.

"Kami berharap bantuan ini bermanfaat untuk para anggota kelompok nelayan penerima dan memberikan motivasi agar mereka semakin bersemangat menekuni usaha yang dijalankan," kata Kepala Bidang Penangkapan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Yopie Mardianta di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, sebanyak tujuh unit GPS tersebut diberikan kepada kelompok nelayan yang sudah terverifikasi dan memiliki badan hukum sesuai aturan yang berlaku.

GPS merupakan sebuah perangkat navigasi berbasis satelit untuk mengetahui koordinat lintang dan bujur, arah dan kecepatan yang biasa dimanfaatkan para nelayan untuk mendeteksi keberadaan ikan, topografi bawah laut dan kedalaman laut.

Sebanyak tujuh unit GPS tersebut disalurkan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Mentok sebanyak empat unit, Kecamatan Jebus dua unit dan di Kecamatan Parittiga satu unit.

Ia berharap bantuan yang disalurkan bisa meningkatkan produksi perikanan tangkap di daerah itu sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan para anggota kelompok nelayan penerima bantuan.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu bukti dukungan dan keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan lokal.

"Para nelayan butuh motivasi dan perhatian agar tetap semangat dalam menekuni usaha yang dijalankan, kami harapkan bantuan bermanfaat dan benar-benar tepat sasaran," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020