Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh meminta masyarakat di daerah itu untuk menghentikan sementara aktivitas saat detik-detik Proklamasi pada 17 Agustus pukul 10:00 WIB.

"Pada detik-detik Proklamasi pukul 10:00 WIB nantinya masyarakat diminta menghentikan segala aktivitas dan mengambil sikap hormat," katanya di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, selain menghentikan aktivitasnya masyarakat juga diimbau untuk mengambil sikap hormat kepada bendera merah putih tepat pada detik-detik proklamasi nanti.

"Apabila masyarakat yang di rumah dan tidak melakukan upacara bisa mengambil sikap hotmat ke bendera yang terpasang di depan rumahnya masing-masing," ujarnya.

Ia menambahkan, hal tersebut dilakukan guna menghormati hari kemerdekaan Republik Indonesia dan menghargai jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang jiwa dan raga dalam merebut kemerdekaan.

"Jadi tidak akan dianggap aneh apabila kita hormat ke bendera ketika di rumah bahkan kita menjadi aneh bila tidak memasang bendera dan mengambil sikap hormat ke bendera tepat pada detik-detik proklamasi nanti," katanya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang belum memasang bendera merah putih di halaman rumahnya agar dapat memasang sesegera mungkin.

"Dan kami akan memberikan peringatan kepada masyarakat agar memasang bendera. Nanti tanggal belasan kami akan cek ke kampung-kampung apakah masyarakat sudah memasang bendera atau belum," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020