Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mengoperasikan sebanyak dua unit bus air atau taksi air guna mendukung aksesibilitas pariwisata di daerah itu.

"Khususnya untuk menjadi penghubung pariwisata di kawasan Pulau-Pulau kecil," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Selasa.

Hal ini disampaikan Bupati usai melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Sumsel Babel Kementerian Perhubungan RI di Palembang terkait pembangunan bus air dalam rangka mendukung aksesbilitas objek - objek wisata.

"Memang bus air itu dari Asian Games Palembang kemarin namun tidak terpakai jadi dari pada tidak terpakai kami coba minta karena itu di bawah naungan Dirjen Perhubungan Darat dilain sisi kami memang membutuhkan keberadaan bus air," ujarnya.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Belitung capai 67 orang
Baca juga: GTPP COVID-19 Belitung catat penambahan delapan kasus positif baru dalam sepekan

Ia menambahkan, selain itu keberadaan bus air tersebut juga akan digunakan sebagai sarana transportasi masyarakat yang berada di wilayah Kepulauan.

"Bisa sebagai sarana penyebrangan bagi masyarakat untuk menuju ke Selata Nasik dan Pulau-Pulau lain," katanya.

Sahani menambahkan, dua unit bus tersebut rencananya akan ditempatkan di dua lokasi pertama di Kecamatan Membalong dan Kecamatan Selat Nasik.

"Kalau di Membalong memang untuk wisatawan ke Pulau Seliu, Pulau Sumedang karena di sana cukup banyak objek wisata," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020