Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memfasilitasi pemasaran digital untuk membantu kemajuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Bantuan ini merupakan komitmen pemerintah untuk mendorong BUMDes semakin produktif, inovatif, aktif dan responsif," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Fachriansyah di Mentok, Kamis.

Menurut dia, BUMDes merupakan lembaga sosial di tingkat desa yang membutuhkan bantuan dan dukungan dari seluruh pihak agar terus berkembang dan mandiri sehingga bisa membawa kemajuan desa dan warganya.

Untuk itu dibutuhkan kerja sama yang baik untuk mendorong BUMDes agar memiliki daya saing.

"Sesuai tugas dan fungsi Diskominfo siap membantu BUMDes dalam bidang pemasaran digital," ujarnya.

Selain itu, kata Fachri, para petugas Diskominfo juga siap memberikan latihan khusus bidang teknologi informasi sesuai kebutuhan BUMDes, seperti pembuatan website dan media pemasaran berbasis teknologi.

"Pembuatan website gratis, kami siap bantu untuk BUMDes yang belum memiliki," katanya.

Ia berharap dengan adanya bantuan fasilitasi itu bisa mendukung BUMDes agar benar-benar menjadi lembaga yang produktif dan inovatif.

Saat ini di Kabupaten Bangka Barat terdapat sebanyak 58 unit BUMDes yang aktif dan 15 unit di antaranya difasilitasi Dinsos.

Pemkab akan terus mendorong agar seluruh BUMDes yang sudah ada semakin berkembang dan bagi desa yang belum memiliki badan usaha tersebut.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020