Petani yang tergabung dalam kelompok tani di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima bantuan 80.000 bibit lada dari pemerintah provinsi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani lada.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka  Subhan di Sungailiat, Sabtu mengatakan, 80.000 batang bibit lada yang disalurkan oleh pemerintah provinsi itu sebagai upaya mengembalikan kejayaan lada.

"Puluhan ribu bibit lada yang disalurkannya tersebut jenis unggul lokal dan jenis lada lampung daun kecil (LDK) yang akan ditanam di atas lahan seluas 50 hektare," katanya.

Bantuan tersebut tersebar di Kecamatan Bakam, Kecamatan Sungailiat, Kecamatan Mendo Barat, dan Kecamatan Puding Besar.

Dia berharap bantuan bibit lada unggul itu juga meningkatkan produktivitas hasil panen.

"Saat ini, kemampuan produksi panen lada yang ditanam petani masih relatif rendah hanya sekitar 0,8 kilogram lada kering per batang sedangkan produksi ideal rata-rata 1,5 sampai dua kilogram per batang," jelasnya.

Subhan mengakui ada beberapa faktor yang mendukung optimalnya produksi panen mulai dari menyediakan lahan atau lubang tanam, pemilihan bibit lada yang unggul, pemupukan yang teratur dan berimbang, dan perawatan tanaman secara rutin.

"Untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan petani harus benar-benar memperhatikan metode tanam dan perawatan yang teratur," kata Subhan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020