Badan Narkotika Nasional Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengantisipasi penyalahgunaan narkotika di daerah itu pada malam pergantian tahun.

Kepala BNNK Belitung, Nasrudin di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan potensi penyalahgunaan narkotika pada malam pergantian tahun harus tetap ada dan harus diwaspadai.

"Kalau bicara potensi semuanya serba mungkin artinya dari tahun ke tahun selalu ada prediksi dan perkiraannya selalu begitu," katanya.

Menurut dia, hal ini ditandai dengan tertangkapnya kurir pembawa sabu di pelabuhan Tanjung Kalian Muntok beberapa waktu lalu dengan barang bukti narkotika jenis sabu siap edar sebanyak dua kilogram.

Penangkapan tersebut, lanjut Nasrudin, mengindikasikan bahwa jalur laut masih menjadi pilihan bagi para penyelundup dan bandar narkoba.

"Garis peredaran narkoba di sini (Bangka Belitung) memang akrab dan strategis di pikiran para bandar dan pengedara melewati jalur laut," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini BNNK Belitung masih menunggu instruksi dan arahan dsri BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait langkah antisipasi tersebut.

Sebelumnya BNNK Belitung mengantisipasi peredaran narkotika jelan tahun baru dengan berpartisipasi dan ikut serta dalam giat operasi cipta kondisi bersama pihak kepolisian setempat.

"Kalau antisipasi secara khusus memang kami belum bisa jelaskan secara detil kalau pemetaan secara riil kemarin sudah jadi sekarang kami masih menunggu arahan dari BNN Provinsi," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020