Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau masyarakat di daerahnya jangan membeli atau memakan buah apel impor dari Amerika Serikat merek Gala, Granny Smith dan Bidart Rost karena diduga tercemar bakteri listeria.

"Kami minta masyarakat jangan dulu membeli atau makan apel tiga merek tersebut hingga ada hasil dari uji laboratorium yang valid. Tiga merek apel produksi Negara Bagian California AS itu terindikasi tercemari bakteri listeria," ujar Penyidik Pegawai Negeri Sipil Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung, Armaini, Rabu.

Ia mengatakan, bakteri yang sudah mencemari apel tersebut adalah bakteri yang memakan tanaman mati, sehingga kalau apel dikonsumsi dan masuk ke perut, bakterinya akan hidup dan menembus dinding otot pencernaan.

"Jika masyarakat mengonsumsi apel itu dan bakterinya masuk ke perut, maka bakterinya akan hidup dan menembus dinding otot pencernaan. Jika tidak ditangani dengan baik, maka akan mengakibatkan kematian dan saat ini sudah tujuh orang yang meninggal," katanya.

Dikatakannya, apel merek apel Gala dan Granny Smith, di Malaysia sudah ditarik dari pasaran untuk menghindarkan warganya terserang wabah bakteri berbahaya tersebut.

"Saat ini di AS dan Kanada sedang ada wabah bakteri listeria yang juga menyebar lewat buah apel. Untuk itu setiap buah merek Gala dan Granny Smith, kami imbau jangan dibeli ataupun dikonsumsi," ujarnya.

Ia mengatakan, imbauan agar masyarakat tidak membeli apel tersebut sesuai informasi dari Kementerian Perdagangan bahwa banyak produk-produk apel dari AS yang sudah banyak menyebar di Indonesia.

"Hari ini kami juga telah mengambil sampel untuk mengetahui sudah sejauh mana buah itu terinsfeksi bakteri, walaupun kita sudah mengetahuinya dari informasi Kementerian Perdagangan," katanya.

Pewarta: Ongku Sutan Harahap

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015