Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka peluang bagi para pengusaha untuk berinvestasi di sektor perikanan budi daya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kami membuka kesempatan dan ruang seluas-luasnya bagi pelaku usaha untuk berinvestasi di sektor perikanan terutama perikanan budi daya," kata Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan sektor perikanan memiliki potensi ekonomi terutama budi daya udang disamping perikanan budi daya yang lainnya seperti lele, gurami, dan patin.

"Selama ini investasi lebih cenderung kepada sektor perkebunan, sementara sektor perikanan belum digarap secara maksimal padahal memiliki potensi yang cukup besar," ujarnya.

Karena itu, kata dia, kehadiran investor yang berminat menanamkan modalnya di sektor perikanan sangat dibutuhkan pemerintah dan masyarakat.

"Tentu saja berinvestasi sesuai aturan, memiliki izin yang lengkap dan pemerintah daerah menjamin sistem perizinan yang baik yang tidak mempersulit pelaku usaha," ujarnya.

Yuliyanto juga mengatakan semakin berkembang dunia investasi di daerah itu maka roda perekonomian juga akan berjalan lebih kencang.

"Dunia investasi memiliki dampak luas terhadap sektor lainnya, terutama dalam menekan angka pengangguran karena tentu saja pelaku usaha membutuhkan banyak tenaga kerja," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021