Sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan ratusan lembar masker kepada pedagang di Pasar Mentok.

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat menjalankan aturan kesehatan guna pencegahan penularan virus corona," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Sidharta Gutama di Mentok, Rabu.

Pembagian masker sebanyak 500 lembar kepada pedagang di Pasar Mentok itu juga sebagai ajang sosialisasi pola pencegahan penularan virus.

"Kami juga ingin melihat dari dekat tingkat kesadaran masyarakat menjalankan aturan kesehatan, seperti penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," katanya.

Kegiatan bersama yang digelar dihadiri Kapolres AKBP Fedriansah, Komandan Kodim 0431/BB Letnan Kolonel Inf Agung Wahyu Perkasa, pejabat di lingkungan Pemkab Bangka Barat dan sejumlah personel Polres Bangka Barat.

Kapolres AKBP Fedriansah mengatakan kegiatan pengawasan akan terus dilakukan bersama tim gabungan, tidak hanya di lingkungan pasar, namun juga di sejumlah lokasi keramaian lainnya.

"Selain pengawasan, edukasi kepada masyarakat juga perlu ditingkatkan agar semakin paham dan sadar pentingnya melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan virus tersebut," katanya.

Menurut dia, masyarakat di daerah itu sudah cukup paham dan sadar menjalankan kebiasaan baru dalam beraktivitas di luar rumah sehari-hari, seperti penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Sinergisitas antarlembaga penting untuk mendukung upaya bersama memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kami berharap masyarakat berperan aktif dalam mewujudkan upaya bersama tersebut," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021