Para personel bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diminta mengaktifkan berbagai kegiatan bersama warga di Kampung Tegap Mandiri guna memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Sampai saat ini jumlah kasus warga yang tertular virus corona jenis baru di Indonesia terus bertambah, begitu juga di daerah ini. Untuk itu kami perintahkan para bhabinkamtibmas untuk terus melakukan pendampingan dan pengawasan di desa dan kelurahan binaan masing-masing," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Selasa.

Peningkatan peran aktif personel bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan tersebut sesuai dengan kebijakan Kapolri untuk mewujudkan Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (presisi).

"Kita menuju ke sana, jadi harus melaksanakan tugas sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat, Kapolri dan Kapolda Babel menekankan Kampung Tegap Mandiri yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu untuk terus diaktifkan," katanya.

Ia menjelaskan di wilayah hukum Polres Bangka Barat terdapat 60 desa dan enam kelurahan yang tersebar di enam kecamatan, dan seluruhnya sudah mencanangkan diri menjadi Kampung Tegap Mandiri.

Kampung Tegap Mandiri salah satu bentuk peran aktif masyarakat, pemerintah desa, puskesmas bersama para personel bhabinkamtibmas dan babinsa untuk melakukan penanggulangan COVID-19 secara mandiri dan bersama-sama.

"Bangka Barat mendapatkan apresiasi dari Kapolda Babel dalam program Kampung Tangguh Nusantara secara nasional karena di Bangka Barat sudah 100 persen mencanangkan diri sebagai Kampung Tegap Mandiri," katanya.

Dengan adanya program bersama itu, diharapkan para personel bhabinkamtibmas untuk terus aktif berperan dalam mengelola, merawat dan bekerja sama dengan seluruh perangkat yang terlibat untuk bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran virus dan dampak sosial dari pandemi COVID-19.

"Lakukan edukasi, imbauan dan sosialisasi agar masyarakat semakin paham dan disiplin menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh bhabinkamtibmas di daerah itu yang selama ini sudah cukup aktif dan terlibat dalam berbagai kegiatan dan melayani warga dengan tulus ikhlas di tengah pandemi COVID-19.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021