Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan, berharap penuh Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) mampu mendukung terwujudnya rasa aman bagi masyarakat di daerahnya.

"Saya menaruh harapan penuh melalui organisasi Pokdarkamtibmas dengan sejumlah anggotanya dari berbagai disiplin ilmu mampu membantu pemerintah dan kepolisian mewujudkan rasa aman dan tertib," kata Bupati Mulkan di Sungailiat, Kamis.

Bupati mengakui, untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan tertib harus dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah, kepolisian serta masyarakat baik secara individu maupun kelompok mengingat wilayahnya cukup luas.

"Wilayah Kabupaten Bangka cukup luas atau mencapai 2.950,68 kilometer persegi terdiri dari 62 desa dan delapan kecamatan serta 19 kelurahan dengan jumlah penduduk mencapai 300 ribu lebih jiwa," jelas bupati.

Mulkan mengajak Pokdarkamtibmas berperan membantu pemerintah dalam penanganan dan pencegahan melalui aktivitas sosialisasi penerapan protokol kesehatan agar masyarakat sadar dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Pokdarkamtibmas harus mampu menjadi motor penggerak di tengah masyarakat dalam pemberdayaan kesadaran mendukung pembangunan daerah," ujarnya.

Menurutnya sinergitas harus diperkuat antar lembaga atau kelompok masyarakat terutama di tengah pandemi COVID-19 dimana mengakibatkan menurunnya kegiatan perekonomian masyarakat.

Ketua Ketua Pomdarkamtibmas Kabupaten Bangka Supriyanto mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian sektor untuk merencanakan aktivitas sistem keamanan lingkungan (Siskampling) sebagai upaya meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban lingkungannya.

"Kami akan meningkatkan koordinasi dengan pihak kepolisian sampai ke tingkat sektor untuk mengaktifkan kembali siskamling," kata Supriyanto.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021