Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Ahmad Ansyori ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel) guna mengisi kekosongan bupati.

Ini berkaitan dengan berakhirnya jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan Periode 2016-2021 dan masih menunggu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan yang baru hasil Pilkada 2020.

Hal tersebut tertuang pada surat direktur Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Nomor: 120/738 OTDA pada 3 Februari 2021 tentang penugasan Plh Bupati Kepada Pejabat Sekretaris Daerah.

Dalam surat tersebut, Direktur OTDA Kemendagri mengintruksikan Gubernur untuk menunjuk Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota sebagai Pelaksana Harian Bupati/Wali Kota untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Wali Kota yang masa jabatannya berakhir bulan Februari 2021.

Terpisah, Pj Sekda Bangka Selatan, Achmad Ansyori saat di konfirmasi membenarkan surat yang beredar tersebut. Dikatakannya, pada Selasa (16/2/2021) lalu, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman telah melayangkan surat pemberitahuan Kepada Bupati Bangka Selatan bahwa PLH Bupati dijabat oleh Sekda.

Dirinya mengatakan, jabatan Plh Bupati tersebut guna mengisi kekosongan jabatan Bupati dan Wakil Bupati hingga sampai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada pekan depan.

"Setelah berakhir pada 17 Februari 2021 besok, harus ada Plh sampai dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Tadi kita sudah menerima surat tersebut dari gubernur, bahwa Plh Bupati di isi oleh Sekda," jelasnya, Selasa (16/2).

Lanjutnya, untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih direncanakan akhir bulan Februari. Hal itu disampaikannya dari hasil Rapat Koordinasi Kemendagri dengan 270 Pemerintah Daerah Pasca Pilkada 2020 via Zoom Meeting.

"Kesimpulan rapat yang pertama, pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2020 dilaksanakan serentak bertahap. Kedua bagi daerah yang berakhir masa jabatannya 17 Februari akan dilaksanakan pelantikan pada 25 atau 26 Februari 2021. Dan pelantikan bupati terpilih dilaksanakan secara virtual untuk menghindari cluster pelantikan," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021