Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membantu peremajaan kebun sawit milik warga senilai Rp30 juta/hektare.

"Bagi masyarakat yang memiliki kebun kelapa sawit yang pohonnya sudah tidak produktif karena berusia tua, silakan diajukan untuk dilakukan peremajaan," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Senin.

Ia menjelaskan bantuan senilai Rp30 juta/hektare dari pemerintah merupakan realisasi dari program replanting atau peremajaan kelapa sawit pekebun di daerah itu.
"Program ini dari pemerintah provinsi dan Kementan yang digulirkan ke kabupaten," ujarnya.

Bupati mengatakan daerah yang dipimpinnya mendapat kuota seluas 500 hektare kebun kelapa sawit yang menjadi sasaran program replanting.

"Kita mendapat kuota 500 hektare dan Pemprov Babel menjadikan bahkan daerah ini percontohan dalam pelaksanaan program replanting," ujarnya.

Ayi (sapaan akrab bupati) mempersilakan warga yang memiliki kebun kelapa sawit dengan usia pohon sudah tua untuk mendaftarkan ke Dinas Pertanian Bangka Tengah.

"Kami akan inventarisasi kebun kelapa sawit masyarakat yang memenuhi syarat dan layak untuk dilakukan peremajaan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021