Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberikan penghargaan kepada Darlili yang terpilih sebagai pengawas tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada 2020 terbaik dan inspiratif.

"Ibu Darlili mendapatkan penghargaan petugas pengawas TPS paling inspiratif karena loyalitas dan profesionalitas yang sudah ditunjukkan dalam pelaksanaan pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Fahlevi di Mentok, Kamis.

Baca juga: Bawaslu Bangka Barat lakukan evaluasi pengawasan Pilkada 2020

Baca juga: Bawaslu Bangka Barat dinilai responsif tindak lanjuti aduan pemilu

Rio menjelaskan, Darlili yang bertugas sebagai pengawas TPS di Desa Simpangtiga, Kecamatan Simpangteritip bisa dijadikan inspirasi bagi seluruh petugas pengawas di daerah itu maupun di nasional karena etos kerja tinggi dan tanggung jawab yang sudah dilakukan.

Ia menjelaskan, pada pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 9 Desember 2020, Darlili mengalami kecelakaan tunggal dalam perjalanan menuju TPS di Desa Simpangtiga.

Darlili menuju TPS tempat tugasnya mengendarai sepeda motor, namun saat menuju lokasi kerja terjadi hujan deras mengakibatkan jarak pandang terbatas dan di tengah perjalanan itu dia mengalami kecelakaan, jatuh dari kendaraan, karena menghindari pohon tumbang ditambah kondisi jalan yang licin.

"Pada kecelakaan itu dia mengalami patah tulang bahu sebelah kanan, dan tidak bisa menghubungi siapa pun karena telepon rusak dan di daerah itu memang terkendala sinyal," ungkap-nya.

Kondisi jalan saat itu sepi dan tidak ada seorang pun yang membantu, Darlili susah payah bangun menahan rasa sakit dan tetap menuju lokasi TPS untuk menjalankan tugasnya.

Menurut dia, kegigihan ibu Darlili yang tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab menjadi pengawas TPS pascakecelakaan patut mendapatkan apresiasi tinggi.

Kegigihan dan rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugas pengawasan di TPS hingga mengawal logistik kotak suara sampai ke Sekretariat PPS di Desa Simpangtiga meskipun dalam kondisi menahan sakit memberikan inspirasi dan Darlili patut menjadi contoh bagi seluruh pengawas.

"Kami berikan apresiasi atas semangat ibu Darlili sebagai bagian dari keluarga besar Bawaslu, semangat dan pengorbanan itu patut dicontoh," ujar Rio.

Petugas Pengawas TPS Desa Simpangtiga, Darlili mengatakan pada saat itu meskipun dalam kondisi sakit namun tetap harus sampai ke TPS sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjalankan tugas pengawasan.

"Bagi saya bisa menjalankan tugas dari awal hingga selesai merupakan bentuk tanggung jawab sebagai pengawas, apapun risiko yang harus dihadapi," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021