Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan stok ayam potong di daerah itu cukup menghadapi bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah.

"Kalau dari kuantitas kami pastikan cukup karena saat ini ketersediaan ada sebanyak 400 ribu ekor ayam potong," kata Kepala DKPP Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, menghadapi bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah kebutuhan ayam ayam potong di daerah itu dipastikan meningkat dari 300 ribu ekor menjadi 400 ribu ekor per bulannya.

"Namun kami sudah antisipasi meningkatnya permintaan pasalnya ekonomi masyarakat sekarang sudah membaik berbeda dengan taun lalu akibat pandemi COVID-19 permintaan ayam potong menurun dan harga ayam juga anjlok," ujarnya.

Dikatakan dia, pihaknya mencatat jumlah bibit ayam yang masuk ke daerah itu pada bulan Februari sebanyak 344.723 ekor.

"Kami harapkan jumlah ini untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan ditambah lagi dengan ketersedian ayam potong di peternak lokal," katanya.

Destika menambahkan, pihaknya juga mengantisipasi terjadinya kenaikan harga daging di daerah itu menjelang bulas suci Ramadhan 1442 Hijriah.

"Sekarang harga ayam mencapai Rp40 ribu per kilogram ini cukup tinggi atau naik karena disebabkan oleh harga pakan juga naik mencapai Rp50 ribu per karungnya kemudian harga bibit naik dan resiko kematian tinggi akibat cuaca ekstrem," ujar Destika.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021