Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat stok atau ketersediaan sapi potong di daerah itu mencapai 400 ekor.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, mengatakan jumlah tersebut dipastikan cukup guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Stok tersebut kami pastikan cukup apalagi di akhir April nanti akan masuk sapi potong dari Lampung dan Madura guna memperkuat stok," kata Kepala DKPP Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, sapi dari Lampung akan masuk ke daerah itu mulai minggu ini melewati Pangkal Pinang kemudian berangkat menuju pulau Belitung melalui pelabuhan Sadai di Bangka Selatan.

"Setiap keberangkatan kapal dari pelabuhan Sadai akan mengangkut sapi sebanyak tiga truk yang masing-masing berisikan sembilan ekor sapi," ujarnya.

Destika menjelaskan, jika dalam seminggu ada sebanyak dua kali keberangkatan maka jumlah sapi potong yang akan masuk ke Kabupaten Belitung sebanyak 54 ekor.

"Kalau sampai lebaran kita prediksi enam kali pengangkutan maka total seluruh sapi yang akan masuk dari lampung via Pangkal Pinang ada kurang lebih 150 an ekor," katanya.

Ia menambahkan, selain itu, pihaknya juga memperkuat stok sapi potong guna menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah sebanyak 80 ekor dari peternal lokal.

"Stok lapangan sapi potong yang ada di peternak lokal Desa Perpat Kecamatan Membalong sebanyak 80 ekor," ujarnya.

Dikatakan dia, sedangkan jumlah rata-rata pemotongan sapi selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijiriah melihat jumlah tahun sebelumnya sebanyak 180 an ekor.

"Namun kami prediksi tahun ini ada peningkatan daya beli masyarakat seiring dengan pulihnya kondisi perekonomian masyarakat seperti naiknya harga lada dan timah" kata dia.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021