Satu pelajar asal SMK Yaperbel Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Via Tiara Ningrum berhasil lolos seleksi calon paskibraka tingkat nasional tahun 2021 dan akan bertugas pada upacara detik-detik proklamasi di Istana Merdeka 17 Agustus mendatang.

Ketua Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Belitung, Yovie Agustian Putra di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan selain itu lima pelajar asal daerah itu juga berhasil lolos seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Alhamdulillah ini hasil yang maksimal karena seluruhnya lolos seleksi dan tidak ada yang dikembalikan ke daerah," katanya.

Menurut dia, seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Bangka Belitung dilaksanakan pada 18 - 21 Mei dimana dalam seleksi tersebut Belitung mengirimkan enam perwakilan pelajar dan seluruhnya dinyatakan lolos seleksi.

"Dari enam peserta asal Belitung menorehkan prestasi yang membanggakan bahkan satu diantaranya berhasil lolos sebagai calon anggota Paskibraka tingkat nasional dan akan bertugas mengibarkan duplikat bendera pusaka pada detik-detik proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang di hadapan Presiden RI," ujarnya.

Yovie menambahkan, dirinya beserta tim pelatih lainnya memiliki tanggung jawab dan tugas berat untuk memantau perkembangan mereka baik meliputi latihan fisik dan materi baris-berbaris.

"Sehingga ketika memasuki pemusatan latihan mereka dalam keadaan siap baik secara kesehatan, fisik, mental dan materi PBB," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung, Achmad Ridwan mengaku puas dengan hasil seleksi tersebut.

"Alhamdulillah Belitung mengirimkan tiga pasangan yaitu enam pelajar laki-laki dan enam pelajar perempuan merupakan putra-putri terbaik dari Belitung lolos dan satu orang perwakilan kami bisa mewakili Bangka Belitung sebagai petugas upacara 17 Agustus di Istana Merdeka," ujarnya.

Ridwan menambahkan, semoga dengan keberhasilan enam pelajar tersebut dapat menjadi motivasi bagi para pemuda dan pelajar lainnya di daerah itu agar terus berkarya dan menorehkan prestasi.

"Semoga ini bisa memotivasi pelajar lainnya bahwa pemuda bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021