Pemerintah Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan dan mengoptimalkan mutu pelayanan pendidikan di sekolah agar semakin maju dan sesuai kebutuhan.

"Selain peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung pendidikan di sekolah, secara sumber daya manusia juga terus kami tingkatkan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi di Pangkalpinang, Kamis.

Sebagai salah satu langkah yang diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu, pihaknya secara berkala melakukan evaluasi dan penghargaan kepada para pengelola sekolah, baik dari jenjang taman kanak-kanak hingga sekolah menengah pertama yang berada di bawah tanggung jawab Pemkot Pangkalpinang.

Ia mencontohkan rotasi dan mutasi sebanyak 44 kepala sekolah mulai jenjang taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang dilakukan hari ini merupakan bukti nyata upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan di daerah itu.

"Rotasi atau mutasi pegawai, termasuk kepala sekolah, merupakan hal biasa sebagai bentuk penyegaran. Ini juga sebagai evaluasi kita yang sudah cukup lama, dalam rangka optimalisasi fungsi organisasi pelayanan pendidikan sekaligus penyegaran kepada mereka yang sudah lama di sekolah masing-masing," katanya.

Ia berharap dengan adanya rotasi dan mutasi ini agar lebih maksimal dalam mengelola pendidikan di Kota Pangkalpinang.

"Semua kepala sekolah yang kami lantik hari ini merupakan orang-orang terbaik," ujarnya.

Rotasi dan mutasi dilakukan selain untuk penyegaran, juga untuk pertukaran budaya, termasuk pola-pola manajemen yang bisa diubah di sekolah berikutnya.

"Saya berharap mereka di sekolah yang baru bisa memberikan yang terbaik dan bisa meningkatkan mutu pendidikan di Pangkalpinang," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021